Jumat, 30 Desember 2011

Basis Data

Makalah Basis Data

Tugas Softskill







Nama           : Metta Ratna Dewi

Kelas            : 2DA03

NPM             : 44210371

UNIVERSITAS GUNADARMA
2011

Pengertian Basis Data

Yang saya pelajari pada minggu pertama dengan matakuliah Softskill yaitu mengenai Basis Data.Menurut saya Basis data (database) yang saya baca melalui jaringan internet (Google) adalah kumpulan dari berbagai data yang saling berhubungan satu dengan yang lainnya. Basis data itu sendiri tersimpan di perangkat keras dan dimanipulasi dengan menggunakan perangkat lunak. Definisi  basis data meliputi spesifikasi dari tipe data, struktur dan batasan dari data atau informasi yang akan disimpan. Database merupakan salah satu komponen yang penting dalam sistem informasi, karena merupakan basis dalam menyediakan informasi pada para pengguna atauuser.
PEMROGRAMAN BASIS DATA (DATABASE PROGRAMING)
Jenis database yang dapat di olah denganDelp hi yang saya baca, misalnya :
·         Paradox
·         dBase
·         MS-Access
·         ODBC
·         SyBase
·         Oracle dan lain-lain.
seiring dengan perkembangan komputer jaman sekarang maka berkembang pulalah peralatan yang dapat digunakan untuk mencatat kejadian-kejadian baik secara umum maupun untuk dunia bisnis dan berkembang juga software yang dapat melakukan tugas tersebut.
Khusus untuk bisnis maka catatan mengenai perkembangan usaha dapat dilihat dari neraca perusahaan, berdasarkan neraca inilah pengambil keputusan mengambil keputusan sehingga mereka dapat memprediksi kemungkinan yang akan terjadi dimasa yang akan datang dengan benar (mendekati benar).
Untuk melakukan percatatan tersebut dibutuhkanlah tempat untuk menyimpan data yang akrab disebut dengan basis data (database).
Dengan berkembangnya database maka pencatatan terhadap kejadian-kejadian dan peristiwa-peristiwa dapat dilakukan dengan sangat terorganisir sehingga tidak ada data yang hilang dan data tersebut dapat dijadikan acuan untuk mengambil keputusan.

Sumber yang saya kunjungi yaitu Google.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar